Sunday, June 13, 2010

About CREATIF CLINIC

KOK "CREATIF" ?

"Wah ini termasuk pengetikan yang salah " kata seorang teman yang pertama kali menerima alamat emailku. Saya cuma senyum saja melihatnya dan berkata dalam hati "Suatu saat nanti kamu akan tahu".

Sejak saat itu "CREATIF" mulai masuk di tiap kreatifitas yang tercipta dari sinergi pikir dan hati ini.

Kalau kita coba search kata "CREATIF" di kamus pasti tidak akan pernah menemukannya. (Terus apa dunk artinya "CREATIF"?).

Sejarahnya bermula di sebuah warnet di kawasan Mulyorejo Utara, Surabaya, Indonesia (lebay….he..he..). Seperti biasa, hari minggu merupakan hari yang sangat membosankan bagi maba (mahasiswa baru) karena pasti tidak ada aktifitas yang menguras waktu dan bingung mau ngabisinnya. Nafsu batin yang berontak berhasrat untuk dipuaskan, akhirnya mengajak kedua kaki ini melangkah. Bermodal 5 ribu rupiah dan bawa flashdisk 512mb siap untuk menjalajah alam maya. Jam 9 pagi, berangkat ke warnet dekat tempat kos. Masih sepi dan saya bebas memilih bilik sesuka saya, dan bilik no. 3 jadi pilihann saya.(Kenapa harus bilik no.3 ?)

Misi pertama penjelajahan hari itu adalah membuat email. Jujur ya, ini baru pertama kali bikin email, sebelumnya tidak pernah punya email lho (KATROK !!!!). Oya, ada yang baru teringat, untuk si Aceria (Laptop hitamku) belum saya ambil dari pabrikannya, saat itu dia masih konsep prototype ..he..he.., jadi masih nge-Net di warnet atau pinjam dekstop teman. Balik lagi saat bikin email, sedikit bingung juga dengan email address nya, ketak-ketik, ketak-ketik, "AHA !!!" (ekspresi wajib total ya..), three.creatif@gmail.com , telah dirilis. Yup, ini dia alasan2 yang melandasi "AHA" yang tadi:

  • Kenapa tidak pakai istilah CREATIVE ? Yang pasti saya tidak mau dibilang plagiat nama vendor terkemuka pesaing ipod.
  • Kenapa kok tidak pakai istilah KREATIF ? Bukannya saya tidak cinta bahasa Indonesia ya.., ada alasan yang tidak biasa, unik dan original yang hendak saya benamkan di nama ini.
  • CREATIF akhirnya ditemukan dengan 1000x kawin silang antara spesies impor CREATIVE dan spesies lokal KREATIF. Kalau kita coba buka kamus Oxford, creative = having the skill and ability to produce something new, especially work of art; showing this ability. Kalau creative thinking = thinking about problem in new way or thinking of new ideas.

Kalau kita coba tengok di kamus bersampul ungu Bahasa Indonesia. Kreatif = memiliki daya cipta; memiliki kemampuan untuk menciptakan; 2 bersifat (mengandung) daya cipta.

So, saya menyimpulkan bahwa negeri merah putih ini membutuhkan generasi yang berjiwa CREATIF (versi saya nih...) yang punya daya (ability) atau lebih dikenal lagi dengan kemampuan atau kompetensi untuk menciptakan sesuatu yang baru dan syarat manfaat. Dalam penciptaan yang baru ini, kita sering tersekap dengan kesulitan yang akan dihadapi, so saya pernah mendapat selingan kuliah ini sedikit sekali dan menjelaskan bahwa orang kreatif adalah orang yang bisa mengkorelasikan sesuatu yang sebelumnya belum terkorelasi dan tercipta sesuatu yang baru. Modalnya adalah peka terhadap lingkungan di sekitar kita.

  • Behind the scene nya ada pada :no 3 ,three, huruf C, jumlah huruf C dalam Creatif Clinic dan owner clinic = Tri. Apakah sebuah kebetulan?

(jadi paham ni) kalo CLINIC ? Yup, coba kita balik baca kamus Oxford, Clinic = a building or part of a hospital when can go for special medical treatment or advice. Hasil mengenyam kuliah hampir 4 tahun di Fakultas Kesehatan Masyarakat, sehat itu tidak hanya pada fisik tapi juga psikis dan sosial juga. Orang dikatakan sehat, karena dia produktif. Mampu beraktifitas maupun menciptakan.

Semoga Clinic kecil di dunia maya mampu memberikan Inspirasi buat teman-teman pembaca dan kita semua bisa share tentang kreativitas kita untuk bumi pertiwi ini.

Salam CREATIF,

Dhek three

No comments:

Post a Comment