Wednesday, June 23, 2010

SIAP Presentasi


SALAM CREATIF-SALAM SEHAT


Kemarin saya sempat mendapatkan curhat dari salah satu sobat CREATIF yang stress menghadapi sidang skripsi yang kurang 2 hari lagi. Saya pun juga pernah mengalaminya. Gejala perut terasa aneh, mules-mules tidak jelas, pikiran melayang, dan malas makan. Hmmm ternyata gejala ini semakin parah seiring waktu presentasi yang semakin dekat. Saat itu, saya melampiaskan kesakitan itu untuk browsing dan ketemu mbah google. Alhamdulillah, saya diberi tips apik dan bermanfaat untuk menghadapi masalahku. Dalam kesempatan ini, saya akan share ke sobat-sobat CREATIF karena saya mendapatkan amanah untuk menyebarkannya ke sobat-sobat CREATIF yang mau menghadapi ujian pertaruhan kuliah selam 4 tahun (S1) dan 3 tahun (D3) hanya dalam waktu kurang lebih 1jam (Bayangkan !!!! -uff lebay poll..he…he...).

Kita sebagai mehasiswa terkadang menemui hambatan besar ketika mereka membuat tulisan atau karya ilmiah apalagi menyajikan (mempresentasikan) tulisan ilmiah tersebut didepan penguji. Dengan presentasi, kita berusaha mengkomunikasikan hasil penelitian, atau ide kita secara langsung kepada pendengar yang berarti juga pada komunitas ilmiah. Namun, tidak semua orang menguasai teknik presentasi yang baik lho. Bahkan bagi sebagian orang presentasi merupakan suatu hal yang menakutkan sehingga tidak jarang banyak yang gagal saat melakukannya. Banyak orang yang pandai dalam menulis suatu artikel ilmiah, namun kurang mampu untuk menyampaikannya dalam forum ilmiah. Selain itu sering juga kita menyaksikan suatu karya ilmiah yang sangat bagus namun disajikan (dipresentasikan) dengan tidak bagus, sehingga mengurangi sasaran yang ingin dicapai dalam karya ilmiah tersebut tidak sampai, selain itu juga dapat mengurangi kualitas dari karya ilmiah tersebut.

Menurut Kardhinata (2009), orang yang pintar secara logika (baca: IQ tinggi) belum tentu bisa menjadi presenter yang baik. Bisa dikatakan presenter yang hebat dipastikan punya kecerdasan komunikasi yang tinggi. Kecerdasan komunikasi ini menjadi salah satu kecerdasan yang paling dominan yang menentukan kesuksesan seseorang (menurut penelitian beberapa perusahaan di Amerika) kecerdasan logik ternyata hanya menempati urutan dibawah 10 besar. Kecerdasan komunikasi seseorang tak ubahnya seperti kecerdasan lainnya, yang merupakan potensi yang diturunkan secara genetis. Namun, komunikasi merupakan suatu hal yang dapat dipelajari oleh seseorang, sehingga memungkinkan bagi setiap orang untuk mampu berkomunikasi dengan baik.

Dalam tulisan ini ditampilkan berbagai tips atau cara untuk melakukan presentasi yang baik yang dikutip dari berbagai sumber. Namun untuk penyempurnaan sebuah presentasi perlu digabung dengan kemampuan dan bakat pribadi yang dimiliki oleh presenter agar presentasi dapat lebih menarik termasuk gaya/karakteristik presentasi.

1. Persiapan yang matang

Persiapan kamu sangat menentukan kualitas presentasi kamu. Persiapan merupakan 90% bagian dari presentasi, dan sisanya sebesar 10% adalah penyajian dan diskusi. Meskipun anda menguasai subyek dan mampu berbicara penuh wibawa, persiapan yang cermat tetap diperlukan. Langkah-langkah persiapan antara lain: (1) analisis sasaran, (2) survei lokasi, (3) kerangka & struktur, (4) penelitian & penerapan, (5) penulisan, (6) visualisasi & media, (7) latihan, dan (8) penyampaian/penyajian. Namun, kedelapan tahap tersebut tidak berarti jika pembicara tidak menguasai subyek dan pengetahuan penunjang lainnya.

2. Persiapan Bahan Presentasi

Bahan presentasi dapat dikemas lebih menarik dan tidak membosankan berkat bantuan teknologi yang berkembang pesat saat ini namun tetap dalam koridor karya ilmiah. Kamu dapat menggunakan bahan presentasi yang sederhana tetapi tetap canggih menggunakan media powerpoint maupun sejenisnya. Tujuan bahan presentasi adalah semata-mata sebagai panduan agar materi presentasi tidak keluar dari bahan yang telah kita tetapkan. Seorang presenter yang pandai berbicara seringkali lupa dan keluar dari materi yang seharusnya dipresentasikan dan tidak sesuai dengan alur presentasi yang disiapkan. Oleh karena itu, sampaikan bahan yang akan disampaikan dalam media presentasi pokok-pokok pikiran untuk menjaga alur presentasi (biasanya berupa poin-poin bahasan).

3. Pelaksanaan Presentasi

Sebelum memberikan presentasi, kamu harus mempersiapkan diri dengan baik. Penampilan anda mencerminkan keberhasilan presentasi anda. Gunakan pakaian dan asesoris diri sesuai dengan tema presentasi. Gunakan pakaian terbaik yang anda punya dan pastikan pakaian anda sesuai kombinasi antara bawahan dan atasan atau sesuaikan dengan ketentuan atau budaya berpakaian yang telah ditentukan oleh pihak universitas/fakultas. Dalam forum presentasi antar perguruan tinggi, anda dapat menggunakan pakaian yang dikombinasikan dengan Jas Almamater untuk menegaskan dari mana anda berasal. Yang tak kalah penting dari penampilan diri anda adalah tampilan yang rapi pada rambut anda.

4. Hal-hal Yang perlu diperhatikan dalam Presentasi

  • Beberapa hal penting yang perlu mendapat perhatian dalam presentasi antara lain adalah ;
    1. Kuasai Lingkungan. Penguasaan lingkungan diperlukan untuk menghindari tambahan tekanan mental ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Trik yang dapat dilakukan adalah: datanglah sesaat sebelum presentasi dimulai, sehingga anda cukup waktu untuk: mempersiapkan sarana presentasi (mencoba sound, LCD, Laptop, pointer, atau bahkan sampai merencanakan akan berdiri dimana ketika anda presentasi). Saya pernah menemui, sobat CREATIF yang pernah mencoba gaya duduk yang nyaman dan sopan dalam menjawab pertanyaan. Namun, ada juga yang sampai mengatur senyum yang asyik untuk menghadapi penguji.
    2. Perhatikan audience. Tataplah audience secara merata dan bergantian, sehingga mengesankan bahwa anda sangat memperhatikan mereka. Jangan palingkan pandangan anda pada langit-langit atau lantai sehingga mengesankan anda tidak percaya diri.
    3. Bicara lugas. Gunakan bahasa yang sederhana dan jelas, yang mengesankan anda tidak sombong (jangan memakai bahasa luar angkasa (bahasa dewa) walaupun sebagian audience mengerti maksudnya).
    4. Jelaskan media. Media presentasi hanya sebagai tuntunan untuk menjaga alur presentasi. Hindari membaca media presentasi kata-perkata (apalagi titik koma di baca sekalian), Kalau perlu hafalkan penjelasan tiap poin pada slide untuk mengesankan bahwa anda benar-benar menguasai yang anda tulis pada slide presentasi.

5. Penggunaan Media Presentasi (telah saya bahas di postingan sebelumnya)

6. Menghindari Stres

Sangat manusiawi bila seseorang mengalami stress pada saat akan melakukan presentasi. Jangan biarkan stress terus menyertai anda dari awal hingga akhir presentasi. Beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengatasi stress adalah :

  1. Persiapan yang baik. Anda harus mepersiapkan segala sesuatunya dengan baik sehingga anda tidak perlu mengkhawatirkan hal-hal yang tidak perlu.
  2. Warming Up. Anda dapat melakukan sedikit warming up untuk menghindari stress akibat tekanan yang terjadi ketika tampil di depan publik. Gunakan trik berikut:

  • Duduk santai dengan menyandarkan badan pada kursi : Tarik nafas dalam-dalam lewat hidung dan keluarkan lewat mulut. Ulangi beberapa detik sampai anda merasa lega (jangan terlalu lama, karena akan menambah stress bagi anda)
  • Lemaskan otot-otot leher (biasanya otot leher yang kaku menyebabkan tekanan pada pikiran). Geleng-gelengkan kepala (kalau perlu putar kepala) beberapa kali (ini juga jangan terlalu lama, karena anda akan keringatan)
  • Sambil duduk, goyangkan badan anda kekiri dan kekanan (gerak menengok kebelakang disertai badan) beberapa kali.
  • Terakhir lemaskan pergelangan kaki dengan menggerakakan pergelangan kaki.
  • Selanjutnya anda siap berdiri dan menyampaikan materi

Ada Motto bagus sekali yang bisa menginspirasi sobat CREATIF sekalian.

Motto 3B yaitu : Berdiri untuk dilihat, Bicara untuk didengar dan Berhenti untuk dikenang

So, jangan sia-siakan kesemapatan langka ini untuk mempresentasikan karya kita di depan orang-orang penting di kampus kita. Jarang-jarang lho..

Kalau sobat CREATIF berminat untuk menjadi seorang presenter yang baik, harus juga mengingat tujuan presentasi SMART yaitu

Specific, Measurable, Achievable, Reachable dan Time Oriented (jadi ingat kuliah media semester lalu nih….he..he...)

Yups, hanya sedikit informasi saja yang bisa share buat sobat-sobat CREATIF sekalian, semoga dapat bermanfaat ya. Seperti biasa, kalau sobat-sobat CREATIF punya tips jitu menghadapi ujian skripsi silahkan di share dan kita bisa belajar bersama. Tetap SEMANGAT dan SELAMAT BERKARYA !!!

No comments:

Post a Comment