Sunday, June 13, 2010

Penawar Racun Ikan Laut dari Air Kelapa dan Santan



Pernah keracunan ikan kembung atau tongkol? Bagi yang pernah dan sudah kapok, jangan sampai membuat kamu trauma makan ikan laut lagi. Padahal tlah kita ketahui kalau ikan laut itu banyak nutrisinya lho. So, biar nggak keracunan lagi, ada sebuah temuan creatif yang syarat manfaat nih. Bagi kamu yang belum pernah keracunan, bisa buat refensi pencegahan nih. Murah dijamin !

Air kelapa telah digunakan untuk mengobati beberapa penyakit yang disebabkan oleh cacing usus dan kolera. Adanya garam albumin dalam air kelapa sangat berguna untuk mencegah muntah/mual-mual, selain itu dapat mengurangi gatal-gatal, memberi efek diuretik pada kasus-kasus radang ginjal, fribosis sel-sel hati dan ascites (tertimbunnya cairan dalam rongga perut).

Komposisinya sebagian besar terdiri polisakarida, dekstrosa atau selulosa. Komposisi kimia tersebut bervariasi tergantung pada jenis kelapa dan lingkungan hidupnya. Analisis air kelapa pada

buah matang yang tumbuh di Sri Lanka meghasilkan total padatan rata-rata 5,71 g/100ml, gula reduksi 0,80 g/100 ml dan berturut-turut kandungan abu, zat organik dari air masingmasing

sebesar 0,62 g/100 ml, 2,01 g/100 ml dan 95,29 g/ 100 ml. Karbohidrat merupakan komponen yang terpenting, terdiri dari glukosa, fruktosa, sukrosa, sorbitol, 3-inositol dan galaktosa. Sejumah kecil manitol terdapat dalam air kelapa basi yaitu air kelapa yang tersimpan selama beberapa waktu setelah dikeluarkan dari buahnya

Air kelapa dari buah matang mengandung sejumlah kecil vitamin : asam askorbat (vitamin C) 0,7-3,7 /100 ±g air buah, asam nikotinat 0,64 g/ml, asam panthotenat 0,52 g/ ml, biotin 0,02 g/ml,

riboflavin 3,01 gr/ml dan asam folat 7,003 g/ml.; selain itu terdapat sejumlah kecil tiamin dan piridoksin. Asam amino bebas dalam air kelapa sebanyak 4,135 g/100 mg. (Winarno et al, 1985)

Air kelapa dapat menetralkan racun dalam bahan makanan karena zat albumin dalam air kelapa dapat mematikan bakteri histidin sehingga tidak terbentuk histamin. (Tri Mawarti, 1993). Kandungan histamin yang tinggi dapat bersifat racun. Dalam penelitian ini air kelapa digunakan untuk menetralkan racun-racun ikan laut (tongkol dan kembung). Kadar histamin yang tinggi pada ikan laut sering menimbulkan keracunan pada manusia. Unsur mineral seperti Kalium dalam jumlah 312 mg/100 ml merupakan komponen utama trace elements, kadarnya tergantung pada keadaan tanah tempat pohon itu tumbuh.

Santan adalah suatu dispersi berbentuk emulsi minyak dalam air yang distabilkan oleh protein. Santan merupakan produk kelapa yang banyak digunakan di rumah tangga sebagai pencampur sayur, kue dan minuman. Kedudukan santan sebagai bahan pencampur dalam berbagai produk pangan, belum tergantikan oleh bahan lain. Hal ini karena santan mempunyai rasa dan aroma yang khas, serta memiliki arti sebagai sumber asam lemak nabati. Selain itu santan dapat diolah menjadi minyak klentik. Protein kelapa mengandung asam amino triptophan, lisin, histidin, arginin, aspartat, treonin, serin, glutamin, prolamin, glisin, alanin, sistin, valin, metionin, isoleusin, leusin, tirosin dan fenilalnin (Anon., 1988). Protein kelapa mempunyai komposisi asam amino esensial yang cukup jika dibandingkan dengan standar mutu protein FAO. Konsentrat kelapa tersusun oleh protein 46.63%, lemak 30.21%, karbohidrat 13.45% dan serat 0.78% (Anonymous.,1991).

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Aminah dkk. Menjelaskan bahwa

Air kelapa dan santan kelapa dapat digunakan sebagai penawar racun untuk ikan laut terutama tongkol dan kembung. Kandungan histamin ikan tongkol lebih tinggi daripada ikan kembung, pengamatan ini sesuai dengan keadaan di lapangan, di mana keracunan ikan tongkol lebih banyak ditemukan daripada keracunan ikan kembung. Bakteri dan jamur patogen tidak tumbuh pada ikan yang dimasak dengan santan maupun yang direndam dengan air kelapa. Sebaiknya para penjaja makanan yang bahan dasarnya dari ikan laut menyediakan air kelapa untuk minuman segar atau kita juga perlu minum air kelapa setelah makan ikan laut, selain segar tapi juga alami dan bisa mencegah keracunan. (three)

(Sumber : CDK 168/vol.36 no.2/Maret - April 2009)

No comments:

Post a Comment